Wednesday, February 18, 2009

Indonesia Incar 8 Besar di Piala Asia 2015


Jakarta - Pihak Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga tak main-main dengan rencana mengajukan Indonesia sebagai calon tuan rumah Piala Dunia. Untuk bisa ke sana, tim sepakbola Indonesia ditargetkan masuk jajaran elit di Asia.

Setidaknya itu dikatakan oleh staf ahli Menegpora, Djohar Arifin, pada acara seminar bertajuk "Masa Depan Sepakbola Indonesia" Manhattan Hotel, Jakarta, Rabu(18/2/2009) pagi WIB.

Menurutnya, Indonesia harus bisa melakukan pengembangan sepakbola usia muda agar di masa mendatang dapat bersaing dengan raksasa Asia macam Jepang, Australia atau Korea Selatan.

"Target kita harus menjadi 8 besar Asia di 2015 nanti. Dan pengembangan sepakbola di usia dini menjadi kunci menuju ke sana," papar Djohar, yang juga pernah menjadi Sekjen KONI Pusat itu.

Ia melanjutkan, masalah utama mandeknya pembinaan usia muda di Tanah air adalah minimnya jumlah pelatih dan kualitas dari pelatih itu. Idealnya satu pelatih untuk 24 pemain, tapi kenyataannya sekarang adalah satu pelatih untuk 400 orang.

"Persiapkan tim teknis secara benar yang bertugas untuk mengembangkan timnas dan pemain nasional kita. Dan buatlah juga pusat pelatihan agar pembinaan lebih berjalan," ujarnya.

Djohar mengatakan, untuk menjadi tim elit Asia, haruslah ada program khusus dalam pembinaan pemain muda dan tidak boleh ada perbedaan mencolok kemampuan pesepakbola nasional dengan pemain Asia lainnya.

"Harus ada peningkatan teknik, kekuatan dan mental, jangan menggunakan metode konvensional."

"Pengembangan talenta pemain berdasarkan kemampuannya, disertai lingkungan sekitar yang optimal, menjadi resep jitu pemain muda kita mencapai standar Asia,” imbuh Djohar.

No comments:

Post a Comment